Pantau Covid-19

Positif

COVID-19 INDONESIA

POSITIF, SEMBUH,
MENINGGAL

Update Hari ini:

5 Fakta Menarik Mengenai Sosok Seorang Guru, Yang Harus Diketahui Muridnya



MOEGNZONE.COM - Fakta menarik mengenai sosok seorang guru yang masih jarang diketahui oleh muridnya.

Seseorang bisa sukses serta berhasil karena ada yang membimbing dan mengajarkan, itu semua tidak terlepas oleh peran orang tua maupun sosok seorang guru.

Guru adalah sosok seorang pengajar suatu ilmu. Secara formal, guru merupakan pengajar di suatu sekolah negeri maupun swasta yang berlatar belakang pendidikan formal minimal sarjana, dan memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar.

Sedangkan menurut Udang-Undang Republik Indonesia, Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Namun, dalam definisi yang lebih luas setiap orang yang mengajarkan suatu ilmu baru dapat dikategorikan juga sosok seorang guru.

Di agama Hindu, guru menyimbolkan suatu tempat suci yang berisi ilmu (vidya) dan juga pembagi ilmu. Seorang guru merupakan pembimbing spiritual atau kejiwaan murid-muridnya.

Dalam agama Buddha, guru adalah yang orang yang memandu muridnya kepada jalan menuju kebenaran. Murid seorang guru memandang gurunya sebagai jelmaan Buddha atau Bodhisattva.

Agama sikh, guru mempunyai makna yang mirip dengan agama Hindu dan Buddha, namun posisinya lebih penting dikarenakan salah satu inti ajaran agama Sikh adalah kepercayaan terhadap ajaran sepuluh guru Sikh.

Berbeda lagi dengan kepercayaan orang India, Cina, Mesir dan Israel menempatkan guru pada posisi seorang imam atau nabi. Falsafah Jawa mengartikan guru sebagai sosok teladan yang harus digugu dan ditiru.

Terlepas dari berbagai macam definisi dan penjelasan sosok seorang guru, berikut merupakan fakta mengenai sosok seorang guru:

1. Guru Merupakan Orang Tua di Sekolah
Peran seorang guru memiliki peran ganda disekolah, selain jadi pendidik mereka harus pula menjadi orang tua bagi muridnya. Apapun yang terjadi disekolah guru lah yang bertanggung jawab terhadap anak didiknya.

Mungkin kita sering dengar "Seorang guru adalah orang siswa disekolah". Maka dari itu, ketika ada anak didiknya bermasalah guru akan terbawa dan merasa malu.

2. Ketika Guru Sedih
Seperti halnya orang tua, guru akan sedih jika anak didiknya terus berulah disekolah. Apalagi sampai terancam dikeluarkan, mereka akan sedih terkhusus wali kelas.

3. Tugas Seorang Guru Bukan Sekedar Mengajar
Tugas seorang guru bukan hanya masalah belajar mengajar, mereka harus mengajarkan bagaimana menjadi manusia yang baik.

Maka dari itu seorang guru tidak bisa dinilai dengan punya atau tidaknya sebuah sertifikasi. Tapi bagaimana seorang guru bisa mendidik seorang anak yang tadinya bisa menjadi bisa.

4. Guru Selalu Harus Bersikap Profesional
Apapun yang terjadi dirumah, seorang guru harus selalu bersikap profesional saat mengajar.

Seorang guru tidak boleh membawa persoalan pribadi saat dalam kelas, apalagi melibatkan muridnya.

Begitupun ketika ada seorang murid yang menyukai seorang guru, mereka para guru harus bersikap biasa saja walau hati mereka terasa terganggu.

5. Penentu Masa Depan
Faktor terakhir yang bisa kita ketahui, guru merupakan salah satu aktor yang ada dibalik suksesnya seseorang.


Itulah berikut merupakan 5 Fakta Menarik Mengenai Sosok Seorang Guru, Yang Harus Diketahui Muridnya.

0 Response to "5 Fakta Menarik Mengenai Sosok Seorang Guru, Yang Harus Diketahui Muridnya"

Post a Comment

Selamat datang di Moegnzone.com, silahkan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel