Pantau Covid-19

Positif

COVID-19 INDONESIA

POSITIF, SEMBUH,
MENINGGAL

Update Hari ini:

Fakta Menarik Guru BK Yang Sering Ditakuti di Sekolah, Apakah?



MOEGNZONE.COM - Sebagian siswa berpandangan, Guru BK merupakan sebuah momok di sekolah. Sering sekali siswa takut jika di panggil guru BK, terlebih jika dipanggil ke ruangan BK/BP.

Terkadang jika seorang siswa dipanggil ke ruang BK, ada pandangan negatif pada siswa tersebut.

Terlebih jika siswa tersebut sering melanggar aturan sekolah, seperti terlambat masuk, bolos, melanggar tata tertib, seragam yang tidak dimasukan, rambut gondrong bahkan sepatu yang tidak sesuai dengan norma.

Siswa sering sering salah paham mengenai Guru BK, bahkan Cap "Satpol PP" pun melekat pada guru BK disekolah, tapi tahukah Anda apa tugas Guru BK itu? Supaya tidak ada salah paham lagi soal Guru BK di sekolah.

Yuk! Simak Fakta Menarik Guru BK Yang Sering Ditakuti di Sekolah

1. BK singkatan dari Bimbingan dan Konseling / BP singkatan dari Bimbingan dan Penyuluhan
Dari singkatan tersebut, kita bisa menyimpulkan guru BK/BP merupakan solusi ketika siswa yang sedang membutuhkan sebuah bantuan dari masalah sekolah atau untuk tujuan mengembangkan potensi siswa.
Yang dimana, dari singkatan tersebut bimbingan merupakan suatu bantuan dari Guru BK kepada siswanya dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Bimbingan juga bisa bersipat pencegahan atau preventif.

Sedangkan, konseling merupakan proses dimana Guru BK memberikan sebuah bantuan agar dapat memecahkan masalah siswa yang sedang dihadapi.

Berdasarkan penjelasan tersebut seharusnya pandangan negatif pada Guru BK bisa hilang, karena Guru BK sendiri bukan hanya mengurus mengenai siswa yang bermasalah, melainkan juga bertugas untuk mengembangankan potensi siswa.
Apakah cap "Satpol PP" bisa dihilangkan setelah tau ini?

2. Guru BK Harus Bisa Jaga Rahasia
Dalam pemberian layanan konseling, asas kerahasiaan harus dipegang teguh oleh Guru BK. Saat siswa nyaman dan percaya untuk bercerita dengan Guru BK, maka ia harus mampu menjaga rahasia.

Jadi Guru BK dituntut untuk untuk menjaga semua pembicaraan yang ia lakukan saat konseling dengan siswa.

3. Guru BK Harus Peka
Saat melakukan assesmen untuk kebutuhan siswa, Guru BK harus peka dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan siswa.

4. Beban Tugas Guru BK 150-160 Murid Ekuivalen 24 Jam Pembelajaran
Berdasarkan Permendikbud 111 Tahun 2014 seorang Guru BK memiliki beban kerja sebanyak 150-160 peserta didik dengan jam mengajar selama 24 jam pembelajaran.

Bisa dibayangkan bagaimana repotnya Guru BK harus melayani 150 murid, kemudian harus melakukan perencanaan untuk memberikan layanan sampai evaluasi layanan yang diberikan pada siswa.

5. Guru BK harus Kuat dan Mandiri
Guru BK dituntut untuk kuat dan mengerjakan semuanya secara mandiri. Mulai dari assesmen, menyusun program tahunan BK, evaluasi layanan BK.

Selain itu, Guru BK dituntut untuk memberikan konseling, bimbingan klasikal, membuat media BK, dan sebagainya.

Berikut merupakan Fakta Menarik Guru BK Yang Sering Ditakuti di Sekolah, Apakah masih salah paham?

0 Response to "Fakta Menarik Guru BK Yang Sering Ditakuti di Sekolah, Apakah?"

Post a Comment

Selamat datang di Moegnzone.com, silahkan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel