Pantau Covid-19

Positif

COVID-19 INDONESIA

POSITIF, SEMBUH,
MENINGGAL

Update Hari ini:

Resep Formula Cara Membuat Donat yang Lebut, Empuk dan Mengembang


Donat merupakan kue yang sangat populer. Rasa yang manis, tekstur yang lembut dan empuk serta berbagai toping yang menghiasi membuat makanan ini banyak digemari.

Kue yang memiliki bentuk seperti roda bulat bolong ditengah ini, pada umumnya terbuat dari bahan dasar tepung. Sama seperti halnya adonan roti, donat juga memerlukan gluten yang banyak supaya teksturnya lembut.

Penggunaan tepung terigu protein tinggi merupakan pilihan yang tepat, agar mendapatkan hasil roti yang empuk. Anda bisa menggunakan tepung terigu cakra,  jika ingin lebih irit bisa mengkombinasikan tepung terigu cakra dengan tepung terigu segitiga biru dengan perbandingan 60:40.

Donat sendiri saat ini memiliki berbagai macam variasi serta metode yang digunakan dalam pembuatannya pun berbeda-beda, macam dari donat sendiri diantaranya donat goreng, donat panggang, donat kukus, dan donat bakar.

Namun yang lebih populer dipasaran adalah donat goreng, cara membuatnya pun terbilang mudah dan bisa dilakukan dengan peralatan yang seadanya di rumah.

Berikut merikut merupakan Resep Formula Cara Membuat Donat yang Lebut, Empuk dan Mengembang:

Bahan:
300 gram tepung terigu protein tinggi
120 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt ragi instan
15 gram susu bubuk
40 gram gula halus
1 butir telur ayam
225 ml air es
30 gram margarin
1 sdt garam

Bahan topping:
Coklat batangan yang dilelehkan atau bisa pakai glaze elmer
Margarin & gula halus
Selai

Cara membuat donat goreng:
1. Campurkan bahan kering donat seperti tepung terigu cakra, dan tepung terigu segitiga biru, susu bubuk, ragi instan dan gula halus. Aduk sampai tercampur rata.

2. Masukan telur dan air es sedikit demi sedikit. Jika ragu takut terlalu encer maka air bisa dimasukkan beberapa bagian dahulu.

3. Uleni adonan sampai menjadi
kalis. Tanda dari adonan yang sudah kalis yaitu adonan tidak lengket diwadah dan menempel ditangan.

4. Tambahkan margarin dan garam. Uleni adonan sampai kalis. Usahakan dalam pembuatan bakery yang menggunakan ragi, garam dicampur terakhir supaya fermentasi ragi tidak terhambat, alhasil produk bakery akan keras dan bantat nantinya.

5. Tutup adonan menggunakan plastik atau kain dan diamkan di tempat suhu ruang hangat selama 15 menit untuk proses fermentasi pertama. Setelah 15 menit, adonan akan mengembang. Tinju-tinju adonan untuk mengeluarkan udara. Uleni lagi sebentar.

6. Ulangi langkah sebelumnya tetapi cukup didiamkan selama 10 menit. Tinju-tinju adonan lalu bentuk adonan menjadi lingkaran. Bisa dibentuk manual dengan tangan setelah ditimbang seberat 40 gram atau giling adonan dan cetak memakai cetakan donat.

7. Letakkan adonan yang telah terbentuk dengan diberi jarak pada wadah datar. Tutupi dengan plastik atau kain dan diamkan selama 30 menit.

8. Goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil sampai kuning keemasan. Tiriskan.

9. Setelah donat dingin, beri toping sesuai selera.

Donat-donat yang lebut, empuk dan mengembang pun sudah jadi. Jika ada yang kurang jelas dam ingin ditanyakan dalam proses pembuatannya bisa ditanyakan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Resep Formula Cara Membuat Donat yang Lebut, Empuk dan Mengembang"

Post a Comment

Selamat datang di Moegnzone.com, silahkan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel